Peran Digital Marketing terhadap Penjualan Produk Asuransi Syariah

Studi kasus PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Unit Syariah

  • Mely Nurcahyati Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam Kunir
  • Nurlailiyah Aidatus Sholihah Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam Kunir, Indonesia
Keywords: Asuransi syariah, Digital marketing, Strategi penjualan

Abstract

Artikel ini menganalisis peran digital marketing dalam meningkatkan penjualan produk asuransi syariah dengan menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari literatur terkait peran digital marketing dalam asuransi syariah, dengan jenis data kualitatif yang diperoleh melalui wawancara dan penelusuran kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT.Asuransi Umum Bumiputera 1967 unit syariah telah menggunakan digital marketing, seperti website dan media sosial, namun penerapannya belum mencapai tingkat maksimal dalam meningkatkan promosi dan penjualan produk. Sehingga dalam penjualan produknya belum dapat diketahui secara terperinci.

References

Aguspriyani, Y., Polindi, M., & Diesy Fitriani, P. (2023). PENGARUH STRATEGI DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ASURANSI PADA GENERASI MILENIAL. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1).
Agustina, N., & Suganda, D. (2022). PERANAN TEKNOLOGI PADA INDUSTRI ASURANSI (INSURTECH) MASA PANDEMIC. JURNAL SYAR’INSURANCE (SIJAS), 8(1).
Bumida Syariah. (n.d.). Retrieved October 19, 2023, from https://syariahbumida.co.id/informasi-sekilas-tentang-syariah-bumida
chaffey, D., Ellis-Chadwick, & Fiona. (2019). Digital marketing / Dave Chaffey, Fiona Ellis-Chadwick. London : Pearson Education limited, 2019.
Chintya Dewi, A., Yusrizal, & Atika. (2023). Analisis Peran Media Sosial Sebagai Media Promosi Agen Dalam Meningkatkan Pemahaman Berasuransi Syariah: Studi Kasus Agen PT. Asuransi Takaful Keluarga Kota Medan. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 23(1), 104–115.
Fadli, Z., Sudirjo, F., Rahmat, Santosa, A. D., Pasaribu, J. S., Octaviani, D. W., Yudha, H. S., Fauzan, R., Triwijayati, A., Rukmana, A. Y., Herdiansyah, D., & Fitriana. (2023). MANAJEMEN PEMASARAN DIGITAL. Get Press Indonesia.
Hardiono, L. eko. (2023, November 30). Peran Digital Marketing Terhadap Penjualan Produk Asuransi Syariah (studi kasus PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Unit Syariah) [Personal communication].
I, A. S., S. Ag M. Kom. (n.d.). ASURANSI SYARIAH. Uwais Inspirasi Indonesia.
Ibadurrahman, W. (2023). Peran SEO (Search Engine Optimization) pada Digital Marketing Terhadap Penjualan Polis Asuransi Syariah. Politeknik Negeri Jakarta.
Leenders, M. A. A. M., & Wierenga, B. (2008). The effect of the marketing–R&D interface on new product performance: The critical role of resources and scope. International Journal of Research in Marketing, 25(1), 56–68. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2007.09.006
Marlina, L., Ardiana, D. P. Y., Rini, N. K., Novianti, A., Srisusilawati, P., Yuniati, U., Manggabarani, A. S., Hanafiah, H., Triwardhani, D., Matondang, N., Wati, T., Astuti, M., & Pujianto, D. (2020). DIGITAL MARKETING. CV WIDINA MEDIA UTAMA. https://repository.penerbitwidina.com/publications/326855/
Novia, N. H., Bahri, K. N., Rotua, E., Kanaidi, Noviany, H., Rahayu, I., Sukmadi, Tarunajaya, W. B., Gittawati, A. A. F., Kurniawan, M., Sarmidi, Goeltom, A. D. L., & Triyanto, I. R. (2023). STRATEGI DIGITAL MARKETING. Mafy Media Literasi Indonesia.
Pasaribu, V. L. D., Karyanto, B., Ahdiyat, M., Athalarik, F. M., Jefriyanto, Andni, R., Ganika, G., Nanda, Z., Putra, A. R., & Darussalam, A. Z. (2021). PEMASARAN KONTEMPORER. Penerbit Widina.
Retnowati, M. S., Abdul Aziz, M., & Adela Iswarina, R. R. (2023). Optimisation of Insurance Digital Service Information as a Marketing Strategy of Shari’ah Insurance PT. Takaful Keluarga. Annual International Conference on Islamic Economics and Business, 3, 43–49.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Deepublish.
Sa’diyah, K., Rahayu Kurniati, R., & Zunaida, D. (2019). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI ASURANSI PT.PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE Cabang Sukun, Jln. Simp Sukun, Malang. JIAGABI, 8(3), 163–169.
Saniah, I., Aidatus Sholihah, N., & Adawiyah, R. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Agen terhadap Pencapaian Penjualan Produk Asuransi Siswakoe (Studi Kasus di PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Pusat Divisi Syariah Jakarta Selatan). Mutawasith: Jurnal Hukum Islam, 6(1), 37–52. https://doi.org/10.47971/mjhi.v6i1.594
Sanjaya, J. T., Ridwan. (2013). Creative Digital Marketing. Elex Media Komputindo.
Setiawan, A. A., Johan. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Literasi Media Publishing.
Trygu. (n.d.). Studi Literatur Problem Based Learning untuk masalah Motivasi bagi siswa dalam Belajar Matematika. SPASI MEDIA.
Umrati, & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Wibowo, H. M., Sak Khie, Santri, A., & Sopian. (2022). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA INDUSTRI ASURANSI JIWA & KESEHATAN: STUDI KASUS SEQUIS LIFE. Equilibrium Point : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(1).
Wijoyo, H., Dr. Suherman, Dr. Musnaini, & Indrawan, I. (2020). DIGITAL MARKETING. CV. Pena PersadaRedaksi.
Published
2024-10-25
How to Cite
Nurcahyati, M., & Sholihah, N. A. (2024). Peran Digital Marketing terhadap Penjualan Produk Asuransi Syariah: Studi kasus PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Unit Syariah. Alashriyyah, 10(2), 181 - 190. https://doi.org/10.53038/alashriyyah.v10i2.192